PENJAMINAN KUALITAS Quality Assurance (QA)
PENJAMINAN KUALITAS (Quality Assurance)
Pengertian Quality Assurance (QA)
Pengertian Quality
Assurance (QA) apabila diterjemahkan langsung ke dalam bahasa Indonesia artinya
adalah Penjaminan Kualitas. Istilah “Assurance” atau jaminan menyatakan suatu
kepastian ataupun kepercayaan terhadap produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.
Tujuan dari Quality
Assurance (QA) adalah menjamin kualitas produk yang dihasilkan dan memastikan
proses pembuatan produk tersebut sesuai dengan standar dan persyaratan yang
telah ditentukan.
Quality Assurance atau
disingkat dengan QA merupakan proses yang pro-aktif yaitu melakukan penekanan
terhadap perencanaan, dokumentasi dan penentuan panduan kualitas pada awal
proyek dimulai untuk memahami persyaratan dan standar kualitas yang diharapkan.
Setelah semua
persyaratan dan standar kualitas yang diinginkan tersebut di-identifikasikan,
maka diperlukan pengembangan perencanaan untuk memenuhi persyaratan dan standar
kualitas yang diinginkan tersebut.
Sehingga dapat
disimpulkan bahwa pengertian Quality Assurance (QA) adalah mencakup monitoring,
uji-tes dan memeriksa semua proses produksi yang terlibat dalam produksi suatu
produk.
Guna memastikan semua
standar kualitas dipenuhi oleh setiap komponen dari produk atau layanan yang
disediakan oleh perusahaan untuk memberikan jaminan kualitas sesuai standar
yang diberikan oleh perusahaan.
Teknik dan Alat Quality Assurance
Untuk menjamin kualitas
suatu produk dalam quality assurance yaitu Quality Audit, Process Analysis,
Quality Management and Control Tools.
Quality Audit
Pada Quality Audit,
suatu tim ahli yang berasal dari pihak ketiga eksternal (bukan dari internal
perusahaan) akan melakukan peninjauan proses dan prosedur yang telah ditentukan
oleh perusahaan.
Jika ditemukan perbedaan
antara apa yang dilakukan dengan apa yang dinyatakan dalam prosedur atau proses
maka perusahaan yang bersangkutan (perusahaan yang diaudit) diminta untuk
melakukan tindakan perbaikan (Corrective Action).
Pihak ketiga dari
eksternal tersebut juga akan memberikan saran-saran untuk perbaikan pada
proses-prosesnya. Quality Audit ini memastikan proses dan prosedur yang telah
disetujui dan yang telah ditentukan tersebut telah dilaksanakan dengan baik dan
diikuti oleh pihak yang bersangkutan.
Process Analysis
Process Analysis adalah
kegiatan menganalisis setiap proses untuk menemukan kemungkinan (potensi)
terjadinya produk cacat ataupun proses-proses yang tidak memiliki nilai tambah
kemudian carikan akar penyebabnya dan lakukan tindakan perbaikannya.
Quality Management dan Control Tools
Quality Management dan
Control Tools mencakup berbagai teknik diagram yang membantu untuk menemukan
permasalahan, ide perbaikan, pengambilan keputusan dan prioritas permasalahan
yang harus diselesaikan. Contoh alat-alat Quality Management and Control Tools
ini diantaranya seperti Diagram Pohon, Diagram Afinitas, Diagram Jaringan dan
lain-lainnya.
Manfaat Quality Assurance (QA)
Diantaranya manfaat dari
Quality Assurance adalah :
- Memberikan kepuasan kepada pelanggan.
- Memotivasi tim dalam bekerja lebih baik dengan kualitas yang tinggi.
- Menghasilkan produk yang berkualitas tinggi.
- Menghindari pemborosan (waste).
- Mengurangi pekerjaan ulang yang merugikan perusahaan dalam segi finansial maupun waktu.
- Meningkatkan efisiensi operasional.
- Meningkatkan kepercayaan pelanggan.
Tugas Pokok & Tanggung Jawab Terperinci Quality Assurance (QA)
Berikut kami akan
memberikan tugas dan tanggung jawab dari Quality Assurance :
- Bertanggung jawab untuk sistem manajemen dokumen
- Memastikan kepatuhan berkelanjutan dengan persyaratan peraturan kualitas dan industri yang ditetapkan perusahaan
- Menafsirkan dan menerapkan standar jaminan kualitas
- Mendokumentasikan audit internal dan kegiatan jaminan kualitas lainnya
- Menganalisis data untuk mengidentifikasi area untuk perbaikan dalam sistem mutu
- Mengelola dan memeriksa kegiatan manajemen risiko
- Mengembangkan, merekomendasikan dan memantau tindakan perbaikan dan pencegahan
- Mengevaluasi kecukupan standar jaminan kualitas
- Mengevaluasi temuan audit dan menerapkan tindakan koreksi yang tepat
- Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan mengatur intervensi pelatihan untuk memenuhi standar kualitas
- Mengkoordinasikan dan dukungan di tempat audit yang dilakukan oleh penyedia eksternal
- Mengumpulkan dan menyusun data kualitas statistik
- Meninjau pelaksanaan dan efisiensi kualitas dan inspeksi sistem agar berjalan sesuai rencana, melaksanakan dan memantau pengujian dan inspeksi bahan dan produk untuk memastikan kualitas produk jadi.
- Menyelidiki keluhan pelanggan dan masalah ketidaksesuaian
- Menyiapkan laporan untuk berkomunikasi hasil dari kegiatan kualitas
- Merancang sampel prosedur dan petunjuk untuk mencatat dan melaporkan data berkualitas
- Perencanaan prosedur jaminan kualitas suatu produk atau jasa
Persyaratan Pendidikan & Pengalaman Quality Assurance (QA)
Persyaratan Pendidikan
serta Pengalaman yang harus dimiliki oleh seorang Quality Assurance (QA)
diantaranya.
- Akan lebih baik jika memiliki sertifikasi Kualitas Auditor, Quality Engineer, Peningkatan Kualitas Asosiasi, Six Sigma
- Berpengalaman dalam pemeriksaan mutu, audit dan pengalaman pengujian
- Berpengalaman dengan pelaksanaan program tindakan korektif
- Berpengalaman khusus dalam produk industri
- Gelar sarjana, Diploma yang sesuai dengan bidang tugas
- Memiliki keterampilan & pengetahuan tentang alat, konsep dan metodologi QA
- Memiliki keterampilan komputer yang baik termasuk Microsoft Office dan database
- Memiliki pengetahuan tentang persyaratan peraturan yang relevan
Keahlian Quality Assurance (QA)
Berikut adalah beberapa
keahlian yang harus dimiliki seorang Qualitu Assurance (QA) :
- Detail
- Mampu bekerja sama
- Mampu dalam pengumpulan data
- Manajemen dan analisis
- Menganalisis masalah dan pemecahan masalah perencanaan dan pengorganisasian keputusan Pengambilan keputusan
- Orientasi layanan pelanggan
- Pandai untuk komunikasi secara lisan dan tertulis
- Teliti
Tidak ada komentar:
Posting Komentar